Harga Besi Beton Ulir Semua Ukuran dan Merk Terbaru Mei

Selain besi polos ada juga jenis besi beton ulir. Ya, seperti namanya, besi ulir ini memiliki ulir atau alur-alur yang berputar pada permukaannya. Nah, beton ulir ini sering juga digunakan untuk bahan konstruksi bangunan, sebab besi beton ulir ini memiliki tekstur yang kuat dan tentunya juga kokoh. Mencari besi beton ulir di pasaran Indonesia juga tidaklah sulit, bahkan kamu juga bisa menemukan toko online yang menjual besi beton ulir ini.

Untuk harganya biasanya harga besi beton ulir memiliki harga mulai dari puluhan ribu rupiah saja. bagi kamu yang memang sedang mencari harga besi beton ulir, maka kamu bisa simak ulasan ini.

Sebab, di ulasan ini akan membahas tentang berbagai hal tentang besi beton ulir, termasuk harga besi beton ulir.

Perbedaan Besi Beton Ulir dan Besi Beton Polos

Seperti yang disebutkan tadi, bahwa ada dua jenis besi beton yang sering digunakan untuk bahan konstruksi bangunan.

Ya, ada besi beton ulir dan besi beton polos. Selain dari bentuknya yang memiliki perbedaan, tentunya ada perbedaan lain antara besi beton ulir dan juga besi beton polos.

Bagi kamu yang pekerja konstruksi bangunan mungkin sudah tahu tentang perbedaan antara kedua besi tersebut. Tapi bagi kamu yang awam, jelas tak tahu menahu tentang perbedaan antara kedua besi beton tersebut.

Untuk itu, kamu bisa menyimak beberapa perbedaan antara besi beton ulir dan besi beton polos berikut ini.

1. Perbedaan Bentuk

Perbedaan bentuk ini jelas menjadi perbedaan yang paling mencolok antara kedua jenis besi ini.

Ya, seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, bahwa jenis besi beton ulir ini memiliki bentuk permukaan dengan arus-arus yang memutar.

Sedangkan untuk besi beton polos, jelas permukaannya halus tanpa ulir atau arus-arus berputar. Ya, hal tersebut jelas sesuai dengan namanya.

2. Perbedaan Fungsi atau Kegunaan

Selain bentuknya yang berbeda, jelas keduanya juga memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda pula. Sebenarnya, baik besi beton ulir atau polos dapat digunakan untuk mendukung tulangan beton secara bersamaan.

Tapi besi polos digunakan untuk membungkus besi beton ulir secara memanjang, sedangkan jenis beton ulir dapat digunakan untuk mengaitkan dengan baik.

Selain itu, dalam prose pembuatan gedung atau bangunan bertingkat, lebih sering menggunakan besi beton ulir. Hal tersebut dikarenakan banguanan bertingkat sangat membutuhkan daya kait yang kuat.

Baca Juga:

3. Perbedaan Ketahanan

Dalam segi ketahanan pun juga sudah berbeda. Untuk jenis besi beton polos, memiliki ketahanan 240 Mpa, sedangkan untuk jenis beton ulir memiliki ketahanan 400 Mpa.

Dengan demikian, maka untuk jenis beton polos jelas lebih mudah untuk dibengkokkan, serta mudah untuk dipasang, jika dibandingkan dengan jenis besi beton ulir.

Ya, beton ulir mamang lebih kuat dan sulit dibengkokkan, sehingga  untuk pemasangannya jelas butuh tenaga ekstra.

Karena hal tersebutlah jenis besi beton ulir ini memang sering digunakan atau dipilih oleh para kontraktor yang membangun bangunan yang besar.

4. Perbedaan Harga

Harga juga menjadi perbedaan lain yang ada di antara besi beton ulir dan besi beton polos. Nah, besi beton ulir ini memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan besi beton polos.

Hal ini jugalah yang menyebabkan besi beton ulir lebih sering digunakan oleh para kontraktor bangunan. Ya, jika kamu hanya akan membuat rumah untuk pribadi saja, maka menggunakan besi beton polos jelas sudah cukup.

Itulah empat perbedaan antara besi beton ulir dan besi beton polos.

Dengan mengetahui perbedaan antara jenis besi beton ulir dan beton polos, maka kamu sudah bisa menentukan jenis beton mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jika kamu memang akan membangun bangunan bertingkat, mungkin jenis besi beton ulir akan cocol.

Tapi kamu harus tahu, bahwa jenis besi beton ulir ini juga memiliki beragam ukuran, untuk mengetahui ukurannya maka kamu bisa simak ulasan selanjutnya.

Ukuran dan Harga Besi Beton Ulir

Agar bangunan bisa menjadi lebih kuat, kokoh, dan tak mudah retak, maka tentunya dibutuhkan besi beton. Nah, salah satu jenis besi beton yang sering digunakan adalah besi beton ulir.

Ya, besi beton ulir memang memiliki kekuatan yang lebih jika dibandingkan dengan besi beton polos. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa ada beberapa ukuran besi beton ulir yang beredar di pasaran Indonesia.

Tapi jelas pabrik besi beton ulir tak begitu saja atau asal-asalan dalam mengeluarkan ukuran besi beton ulir yang mereka jual.

Baca Juga:

Ya, ukuran besi beton ulir, baik itu beat, diameter, dan panjang besi beton ulir harus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia atau SNI. Berikut adalah ukuran Besi Beton Ulir sesuai dengan SNI.

Diameter Besi Beton Ulir (mm)Panjang Besi Beton Ulir (mm)Berat/Meter Besi Beton Ulir (Kg)Berat/batang Besi Beton Ulir (kh)
10120,627,40
13121,0412,50
19122,2326,80
22122,9835,80
25123,8546,20
29125,0460,50
32126,3175,77
35127,5190,10
38128,92107,00
411210,50126,00

Itulah ukuran besi beton ulir yang sesuai dengan SNI. Nah, jika sudah mengetahui ukurannya, maka kamu bisa lebih mudah lagi dalam menentukan besi beton ulir yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Tapi jika kamu memang masih bingung untuk memilih jenis besi beton ulir yang sesuai dengan kebutuhan kamu, maka kamu bisa langsung saja bertanya kepada tukang bangunan atau bertanya pada penjual dari besi beton ulir.

Harga Besi Beton Ulir

Tentunya harga dari besi beton ulir ini juga bergantung dengan ukuran dari besi beton ulir tersebut. selain itu bisa juga harga besi beton ulir ini bergantung dengan merknya.

Untuk lebih jelasnya mengenai harga besi beton ulir adalah sebagai berikut ini.

Harga Besi Beton Ulir MSS

Untuk besi beton ulir MSS ini memiliki kode BJKU atau kepanjangan dari Baja Batangan Konstruksi Umum.

Untuk BJKU ini adalah jenis besi beton yang biasanya hanya digunakan untuk konstruksi dalam lingkup kepentingan umum saja, seperti pembangunan rumah, kios, pagar, atau pembangunan yang tidak memerlukan perhitungan secara khusus.

Untuk harganya adalah sebagai berikut ini.

Jenis Besi Beton UlirDiameter (mm)Harga/Kg
Besi Beton Ulir MSS BJKU13Rp7.640
Besi Beton Ulir MSS BJKU16Rp6.595
Besi Beton Ulir MSS BJKU18Rp5.410

Harga Besi Beton Ulir SPI

SPI juga adalah jeni besi beton untuk kepentingan umum atau BJKU. Untuk daftar harga besi beton ulir SPI adalah sebagai berikut ini.

Jenis Besi Beton UlirDiameter (mm)Harga/ Kg
Besi Beton Ulir SPI BJKU13Rp6.848
Besi Beton Ulir SPI BJKU16Rp7.105
Besi Beton Ulir SPI BJKU18Rp5.224

Harga Besi Beton Ulir SRB

Selanjutnya ada besi beton ulir SRB yang sudah ber-SNI.  Karena sudah ber-SNI maka kualitas dari besi beton SRB jelas tak diragukan lagi. Untuk daftar harga Besi beton ulir SRB adalah sebagai berikut ini.

Jenis Besi Beton UlirDiameter (mm)Harga/Kg
Besi Beton Ulir SRB SNI13Rp8.560
Besi Beton Ulir SRB SNI16Rp9.211
Besi Beton Ulir SRB SNI18Rp7.649

Harga Besi Beton Ulir IBD

Untuk beton ulir ini juga sudah ber-SNI. Untuk harganya adalah sebagai berikut ini.

Jenis Besi Beton UlirDiameter (mm)Harga/ Kg
Besi Beton Ulir IBD SNI13Rp9.080
Besi Beton Ulir IBD SNI16Rp8.779
Besi Beton Ulir IBD SNI19Rp8.280
Besi Beton Ulir IBD SNI13Rp9.240
Besi Beton Ulir IBD SNI16Rp8.789
Besi Beton Ulir IBD SNI19Rp8.451

Harga Besi Beton Ulir TJ

Besi beton Ulir TJ juga sudah ber-SNI. Untuk mengetahui harganya adalah sebagai berikut ini.

Jenis Besi Beton UlirDiameter (mm)Harga/Kg
Besi Beton Ulir TJ SNI14Rp10.889
Besi Beton Ulir TJ SNI16Rp8.263
Besi Beton Ulir TJ SNI10Rp8.784
Besi Beton Ulir TJ SNI13Rp8.400
Besi Beton Ulir TJ SNI16Rp8.421
Besi Beton Ulir TJ SNI19Rp8.769

Harga Besi Beton Ulir KS

Selanjutnya ada harga besi beton ulir KS atau Krakatau Steel. Kamu harus tahu, jika kS adalah pabrik industri baja yang terbesar di Indonesia.

KS juga memproduksi baja mentah dan baja yang sudah siap pakai.

Nah, untuk kelebihan dari besi beton dari KS adalah besi beton memiliki nilai toleransi selisih yang paling sedikit, jika dibandingkan dengan besi beton dari merk lain.

Untuk daftar harganya adalah sebagai berikut ini.

Jenis Besi Beton UlirDiameter (mm)Harga/ Kg
Besi Beton Ulir KS SNI16Rp9.474
Besi Beton Ulir KS SNI19Rp9.478
Besi Beton Ulir KS SNI22Rp9.464
Besi Beton Ulir KS SNI24Rp10.324
Besi Beton Ulir KS SNI26Rp11.883
Besi Beton Ulir KS SNI28Rp12.414
Besi Beton Ulir KS SNI30Rp12.869

Itulah daftar harga dari besi beton ulir dari berbagai ukuran dan juga merk. Tapi bisa saja harga besi beton ulir berbeda di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Nah, untuk memastikan harga yang pasti dari besi beton ulir di daerah tempat tinggal kamu, maka kamu bisa langsung saja mendatangi langsung toko bangunan yang ada di kota kamu.

Setelah kamu tahu harga besi beton ulir, selanjutnya ada beberapa tips yang harus kamu ketahui agar bisa menemukan besi beton ulir dengan kualitas yang bagus. Nah, berikut adalah tipsnya.

Tips Memilih Besi Beton dengan Kualitas yang Bagus

Tentunya sebagai pembeli, kamu selalu menginginkan produk yang kamu beli memiliki kualitas yang baik. Untuk itu, kamu harus pintar-pintar dalam membeli produk.

Bagi kamu yang akan membeli besi beton ulir, maka ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar mendapatkan produk besi beton ulir dengan kualitas yang baik dan terjamin.

1. Merk Besi sudah Ber-SNI

Pertama tentunya kamu harus memilih merk besi yang sudah memiliki atau ber-SNI. Sebab merk besi beton yang sudah memiliki SNI maka kualitasnya sudah tak diragukan lagi.

Di pasaran Indonesia juga sudah banyak sekali merk besi beton ulir yang ber-SNI. Salah satunya adalah Krakatau steel atau KS.

Ya, merk ini bisa dibilang menjadi merk besi beton yang terbaik untuk saat ini. Sebagai merk besi terbaik maka kualitasnya jelas terjamin dan merk KS ini juga paling populer jika dibandingkan dengan merk besi beton lainnya.

2. Jenis Warna

Selanjutnya, kamu juga bisa memilih besi beton dengan kualitas terbaik dengan jenis warnanya.

Ya, jenis besi beton dengan kualitas terbaik dan ber-SNI memang bisa didasarkan kepada jenis warnanya.  Penandaan jenis warna ini ada di bagian ujung dari besi beton.

Baca Juga:

Kamu harus tahu, bahwa ada 6 jenis besi beton yang terbaik menurut penandaan warnanya. Pertama ada kelas BjTD 50 dengan penanda warna hijau, lalu ada BjTD 40 dengan penanda warna kuning, BjTD 35 dengan penanda warna merah, kemudian ada juga BjTD 30 dengan penanda warna biru, BjTP 30 dengan penanda warna biru, dan terakhir ada BjTP dengan penanda warna hitam.

Dengan penanda warna ini, maka kamu akan lebih mudah lagi dalam memilih jenis besi beton ulir yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Harga Besi Beton

Harga besi beton ulir juga bisa menjadi patokan kamu untuk menemukan besi beton dengan kualitas yang terjamin. Ya, jika kamu ingin memiliki barang yang berkualitas, maka kamu harus mau mengeluarkan uang lebih banyak.

Kualitas suatu barang memang bisa ditentukan dengan harganya. Semakin mahal harganya, maka kualitas barang pun akan semakin baik jika dibandingkan dengan barang atau produk dengan harga yang lebih murah.

Nah, merk besi beton ulir yang memiliki kualitas yang terjamin dan sudah ber-SNI jelas akan memiliki harga yang lebih mahal, dibandingkan dengan merk besi beton ulir yang memiliki kualitas rendah dan belum ber-SNI.

Untuk itu, kamu harus menyiapkan uang lebih jika ingin memiliki produk besi beton ulir dengan kualitas yang terjamin.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar kamu bisa mendapatkan besi beton ulir dengan kualitas yang baik.

Tentunya besi Beton ulir memiliki berbagai kelebihan, untuk lebih jelasnya mengenai kelebihan dari besi beton ulir adalah sebagai berikut ini.

Kelebihan Besi Beton Ulir

Ada beberapa kelebihan dari besi beton ulir ini yang tentunya akan sangat bermanfaat. Nah, langsung saja ini dia beberapa kelebihan dari besi beton.

  1. Besi beton memiliki tingkat deformasi yang baik, meski dalam tegangan yang tinggi. Dengan demikian maka bangunan akan tetap kokoh dan tidak akan mudah untuk roboh.
  2. Besi beton sangat mudah dipotong atau pun disambung dengan cara dilas.
  3. Dapat didaur ulang meskipun dalam kondisi bekas dan bisa digunakan kembali.
  4. Tahan lama jika dirawat dengan baik.
  5. Untuk pengaplikasiannya menggunakan fabrikasi sehingga akan lebih mudah.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh besi beton. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan maka tak heran jika besi beton masih menjadi bahan konstruksi yang populer digunakan untuk membangun bangunan.

Itu dia beberapa pembahasan mengenai besi beton ulir, termasuk pembahasan harga besi beton ulir di pasaran Indonesia. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari besi beton ulir.

Leave a Comment