Upah Tukang

Harga Borongan Bangunan Per Meter + Material Jakarta Agustus 2019

Harga Borongan Bangunan Per Meter
Webkuli.com

Informasi mengenai harga borongan bangunan per meter di jakarta plus material yang harus disiapkan, harga ini adalah per m2 persegi.

Pada artikel kali ini, Webkuli.com akan memberikan informasi seputar harga borongan bangunan per meter di Jakarta. Harga borongan bangunan ini dibedakan dari spesifikasi pekerjaan dan luas bangunan.

Sebelum menentukan memilih tukang bangunan untuk mengerjakan projek borongan bangunan rumah, tentunya penting untuk melakukan survey mengenai harga pasarannya supaya nantinya jangan sampai rugi, mengeluarkan dana lebih banyak dari semestinya.

Jakarta merupakan wilayah ibu kota yang serba mahal, termasuk membeli property dan membangun atau merenovasi rumah. Untuk melakukan pembangunan perlu memerhatikan berbagi sisi, salah satunya adalah tukang atau kontraktor yang digunakan.

Jenis Pekerjaan Borongan Bangunan di Jakarta

Berdasarkan spesifikasinya, pekerjaan borongan bangunan di Jakarta dibedakan sesuai dengan tipe bangunannya, yaitu:

  1. Tipe Standard

Pengerjaan borongan bangunan tipe standard yaitu pengerjaan bangunan dengan spesifikasi antara lain pemasangan pondasi batu kali, pemasangan lantai keramik kualitas standard, pemasangan dinding batu bata langsung dengan plester aci, pemasangan plafon Gypsum rangka hollow/gayu, dan pemasangan genteng dengan rangka kayu.

  1. Tipe Menengah

Untuk tipe menengah, spesifikasinya yaitu rumah dengan kualitas standard atau biasa namun penggunaan bahan materialnya lebih baik dari tipe standard. Contohnya, penggunaan bahan material seperti keramik, material dinding, rangka atap, dan plafon yang berkualitas lebih dan harga lebih mahal.

  1. Tipe Atas

Pekerjaan borongan bangunan untuk rumah tipe kelas atas atau mewah, khususnya untuk bahan material bangunan yang digunakan. Misalnya, penggunaan lantai yang bukan lagi keramik, tetapi marmer atau batu granit, dinding menggunakan batu alam, pengguaan ornament kayu, dan material mahal lainnya.

Sedangkan berdasarkan pengerjaannya, jenis pekerjaan borongan bangunan terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Pekerjaan bangunan biasa, yaitu pekerjaan bangunan di mana kontraktor atau tukang bangunan hanya tinggal mengerjakan saja sedangkan untuk bahan material sudah dipilihkan dan dibeli oleh si pemilik rumah
  • Pekerjaan bangunan + material, yaitu pekerjaan bangunan di mana kontraktor atau tukang bangunan yang langsung memilihkan bahan material yang akan digunakan. Pekerjaan bangunan jenis yang kedua ini jauh lebih mahal karena sudah digabungkan dengan upah dan bahan material bangunan.

Harga Borongan Bangunan Rumah Tipe Standard

Upah borongan bangunan untuk rumah tipe standard disesuaikan dengan ukuran rumah dan jenis pengerjaan. Harga borongan untuk pengerjaan saja lebih murah tiga kali lipat dari upah borongan yang sudah dengan material. Berikut adalah detailnya.

Detail Pekerjaan Bangunan Upah Tukang (Rp)
Upah Borongan Biasa800.000/ m2
Upah Borongan + Material2.500.000/m2

Harga Borongan Bangunan Rumah Tipe Menengah

Bangunan tipe menengah biasanya memiliki luas bangunan 72m2 atau kurang dari 100m2. Karena ukurannya memang lebih besar dari tipe standard, harganya pun lebih mahal. Berikut adalah detail harganya:

Detail Pekerjaan Bangunan Upah Tukang (Rp)
Upah Borongan Biasa1.000.000/ m2
Upah Borongan + Material3.500.000/ m2

Harga Borongan Bangunan Rumah Tipe Atas/Mewah

Rumah tipe mewah memiliki kualitas bahan material yang jauh lebih baik. Oleh karena itu harganya akan jauh lebih mahal. Perbedaan harga upah borongan untuk per meter persegi bisa mencapai 1jutaan. Berikut detail harganya masing-masing:

Detail Pekerjaan Bangunan Upah Tukang (Rp)
Upah Borongan Biasa1.500.000/ m2
Upah Borongan + Material4.500.000/m2

Cara Menghitung Harga Borongan Rumah Per Meter

Untuk mengetahui harga borongan bangunan per meter persegi, berikut adalah hitung-hitungannya berdasarkan tipe rumah:

Tipe RumahLuas (m2)Upah Tukang (Rp)Upah Tukang + Material (Rp)
Standard36800.000 x 36 = 28.800.0002.500.000 x 36 = 90.000.000
Menengah721.000.000 x 72 = 72.000.0003.500.000 x 72 = 252.000.000
Besar1001.500.000 x 100 = 150.000.0004.500.000 x 100 = 450.000.000

Tips Agar Harga Borongan Bangunan Lebih Murah

Membangun atau merenovasi rumah harus melalui berbagai pertimbangan penting, terutama terkait dengan pemilihan material, jasa tukang, dan besaran dana yang harus kita keluarkan. Untuk meminimalisir pengeluaran dana yang tidak efisien, pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Gunakan jasa arsitektur untuk mengetahui pilihan bahan material apa saja yang kita perlukan dan besaran dana yang harus dikeluarkan untuk bahan material tersebut sekaligus jasa kontraktor dan tukang bangunan.
  2. Sebelum memilih tukang atau kontraktor, sebaiknya buat rencana pembangunan rumah secara baik terlebih dahulu, mulai dari budget, desain dan ukuran rumah, hingga target kapan rumah akan selesai.
  3. Pilih rumah dengan desain minimalis karena harganya akan jauh lebih terjangkau dibandingkan rumah yang ukurannya lebih besar. Rumah ukuran minimalis akan mengurangi biaya pembangunan dan biaya tambahan lainnya yang kurang efisien
  4. Pertimbangan buat rumah dengan bentuk sederhana. Rumah sederhana membutuhkan pengerjaan yang jauh lebih mudah dan cepat sehingga harganya pun tidak akan membengkak.
  5. Lakukan survey terhadap harga bahan bangunan yang akan digunakan. Pemilihan harga bahan bangunan yang digunakan juga akan memengaruhi harga borongan bangunan yang sudah disertai dengan material.
  6. Perhatikan pengalaman kontraktor dan tukang bangunan yang digunakan. Pilih yang memiliki pengalaman dan reputasi baik supaya tidak ditipu soal harga dan kualitas bahan bangunan yang digunakan
  7. Pertimbangkan membuat bangunan mutifungsi untuk anggaran harga yang lebih murah. Rumah dengan ruangan multifungsi meminimalisir jumlah ruangan yang dibangun. Kamu bisa mempertimbangkan menggabungkan antara ruang tamu dan keluarga serta menggabungkan dapur dan ruang makan.

Demikian artikel kali ini mengenai harga borongan bangunan per meter di Jakarta yang merupakan harga kisarannya saja. Sebelum memilih kontraktor atau tukang bangunan, pastikan untuk memahami betul harga bahan material dan harga pasaran tukang.

Jika ingin pengeluaran tidak membengkak, bisa petimbangkan cara-cara sesuai dengan tips yang kami berikan di atas dan cari tau secara detail informasi seputar jasa tukang untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Jangan sampai pengeluaran jadi tidak efisien.

5/5 (9)

Please rate this