Interior

Daftar Harga Kaca Semua Ukuran & Jenisnya Terbaru Agustus 2019

harga kaca
Webkuli.com

Inilah daftar harga kaca semua ukuran beserta jenis-jenisnya seperti kaca aquarium, jendela biasa (polos), kaca rayben ataupun kaca buatan asahimas.

Artikel kali ini Webkuli.com akan menghadirkan daftar harga kaca terbaru semua ukuran lengkap dengan penjelasan mengenai jenis, komposisi, dan tips memilih kaca untuk interior rumah.

Memiliki tempat tinggal yang nyaman dan aman tentu menjadi idaman semua orang. Selain itu, kita tentu menginginkan rumah kita memiliki nilai estetika supaya kita juga betah berada di rumah. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan desain interior rumah.

Salah satu komponen interior yang pasti ada di setiap rumah hunian adalah kaca. Memilih kaca yang tepat untuk rumah tentu tidak sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti kesesuaian dengan kebutuhan si pemilik rumah.

Jenis-Jenis Kaca

Pada umumnya, ada delapan jenis kaca yang sering kita temukan dijual di pasaran, yaitu:

1. Kaca Bening Biasa atau Polos (Clear Glass)

Kaca Bening adalah jenis kaca biasa yang polos atau transparan. Jenis kaca ini memiliki kemampuan menghasilkan bayangan hingga 90% atau bahkan lebih. Tingkat ketebalan kaca ini termasuk rendah sehingga penggunaannya hanya untuk interior saja.

Tangkat ketebalan kaca bening polos terbagi tiga, yaitu 5 mm, 6 mm, dan 8 mm. kemampuannya menyerap panas juga sangat rendah sehingga tidak cocok digunakan untuk area beriklim sangat panas karena menyebabkan ruangan terasa lembab dan panas.

2. Kaca Cermin (Mirror Glass)

Kaca cermin atau kaca refleksi adalah jenis kaca yang memiliki sifat tembus pandang yang rendah. Pembuatannya dengan penambahan lapisan okisida logam dan pyrolysis. Nama lain dari kaca cermin adalah kaca one way.

Penggunaan kaca cermin sangat cocok untuk menjaga privasi. Jika dipasang sebagai kaca jendela atau pintu, orang dari luar tidak bisa melihat apa yang ada di rumah atau apa saja yang dilakukan pemilik rumah di dalam rumahnya.

3. Kaca Es (Frosted Glass)

Kaca es merupakan jenis kaca dengan tekstur yang tidak rata dan berwarna buram. Kaca Es juga memiliki pola atau dekorasi unik. Kaca ini memiliki sifat mengaburkan bayangan sehingga jika dilihat dari luar, tidak ketahuan jelas apa yang terjadi di dalam ruangan/rumah.

Kaca es juga memiliki kemampuan mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam rumah atau ruangan sehingga pandangan tidak akan terasa silau. Umumnya orang menggunakan kaca es sebagai pintu kabinet, shower box, dan pintu kamar mandi.

4. Kaca Tempered (Tempered Glass)

Kaca tempered atau tempered glass memiliki tingkat ketebalan yang tinggi sehingga sangat kokoh. Jika dibandingkan dengan kaca bening biasa, kekuatannya bisa sampai lima kali lipatnya.

Kaca tempered sangat tahan akan terpaan angina kencang, beban/bobot berat, dan tekanan tinggi. Biasanya, kaca tempered digunakan untuk area umum yang sering dilalui banyak orang dan digunakan sebagai jendela di tempat/gedung tinggi.

5. Kaca Berwarna (Tinted Glass)

Kaca berwarna atau nama lain yang umumnya dikenal dengan sebutan kaca Rayben. Kaca ini memiliki beberapa pilihan warna, seperti hitam, coklat, hijau dan biru. Kaca jenis ini memiliki kemampuan untuk mengurangi intensitas panas matahari lebih dari 50%.

Karena kemampuannya menyerap energy panas matahari, ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman. Selain itu, kaca Rayben juga tidak tembus pandang sehingga privasi pemiliknya pun jadi lebih terjaga.

6. Kaca Laminasi (Laminated Glass)

Kaca jenis laminasi atau laminated glass jenis kaca yang kokoh dan tidak mudah retak atau pecah karena ketebalan dan kepadatannya yang tinggi. Kaca jenis ini dilapisi oleh polofinil transparan sehingga membuatnya menjadi sangat kokoh dan tahan lama.

Biasanya, kaca laminasi digunakan untuk anak tangga, skylight, balkon, dan lain-lain. Dilihat dari tingkat keamanan terhadap benturan dan kerusakan, kaca laminasi termasuk yang paling aman dibandingkan jenis kaca lainnya.

7. Kaca Dobel (Double Glassing)

Sesuai namanya, kaca dobel adalah kaca yang terdiri atas dua lapis bahkan lebih. Kaca yang disatukan ini tidak langsung digabung menjadi satu namun dipisahkan oleh semacam aluminium di bagian tepiannya.

Fungsi kaca doble yaitu menyerap energi panas matahari langsung sehingga suhu ruangan tetap stabil dan tidak lembab/panas. Kaca dobel sering digunakan sebagai alternatif lebih murah sebagai media pendingin ruangan.

8. Kaca Sunergy

Kaca Sunergy adalah kaca berwarna bening dengan lapisan material tertentu yang menyebabkan tampilannya menjadi jernih transparan. Kemampuan kaca sunergy untuk menyerap sinar UV adalah mencapai 87% sehingga rumah tidak akan terasa panas.

Kaca Sunergy memiliki dua pilihan warna, yaitu bening transparan dan warna hijau. Masing-masing warna memiliki kemampuan yang sama, perbedaan hanya dari tampilan dan estetikanya saja. Bisa dipilih sesuai selera.

Jenis Kaca Berdasarkan Kegunaan

Jika dilihat dari kegunaannya, kaca terbagi lagi menjadi jenis-jenis lainnya yang lebih beragam. Di antaranya yaitu:

Jenis KacaDetail
Kaca WarnaRayben, Rayben Warna (Hijau, Biru, Coklat), Panasap
Kaca PolaFlora, Kaca Es (buram), Kaca Raindown (mirip air hujan)
Kaca HiasKaca Patri, Kaca Ukir, Kaca Painting, Kaca Grafir, Kaca Inlay, Kaca Sandblasting
Kaca ReflektifKaca Stopsol, Kaca One Way, Rayben Warna (Biru, Hijau, Coklat)
Kaca PengamanKaca Tempered (Tempered Glass), Kaca Luminasi (Luminated Glass), Kaca Film

Harga Kaca Bening

Daftar harga kaca bening dibedakan dari tingkat ketebalannya. Semakin tebal kaca, maka semakin mahal juga harganya. Daftar harga kaca bening di bawah ini ada harga perkiraan yang bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan lokasi pembelian.

Tebal KacaSatuanHarga
2 mmm2Rp55.000
3 mmm2Rp90.000
5 mmm2Rp97.500
8 mmm2Rp150.000
10 mmm2Rp220.000

Harga Kaca Rayben

Harga kaca yang akan ditampilkan selanjutnya adalah harga kaca Rayben. Karena berbeda tampilan dan fungsi, harganya pun beda . Secara umum harga kaca Rayben sedikit lebih murah dari harga kaca bening biasa. Untuk lebih jelasnya, perhatikan daftar harganya di bawah ini.

Tebal KacaSatuanHarga
3 mmm2Rp75.000
5 mmm2Rp72.500
8 mmm2Rp135.000
10 mmm2Rp230.000

Harga Kaca Tempered

Selanjutnya kaca yang akan ditampilkan daftar harganya adalah kaca jenis tempered. Jika kaca jenis bening dan Rayben memiliki ketebalan minimal yang lebih tipis, maka kaca tempered memiliki ketebalan minimum yang termasuk tinggi, yaitu 5mm.

Perhatikan daftarnya berikut ini:

Tebal KacaSatuanHarga
5 mmm2Rp210.000
6 mmm2Rp260.500
8 mmm2Rp385.000
10 mmm2Rp410.000
12 mmm2Rp460.000
15mmm2Rp1.970.000
19mmm2Rp2.470.000

Daftar Harga Kaca Jenis Lainnya

Selain tiga jenis kaca yang disebutkan di atas, ada lagi jenis kaca lainnya dengan perbedaan kegunaan dan kualitasnya masing-masing. Masing-masing jenis kaca ini memiliki harga yang juga beragam tergantung jenis dan ketebalannya. Berikut daftar lengkapnya.

SpesifikasiTebalSatuanHarga (Rp)
Kaca Patri3 mmm2850ribu – 2juta
Kaca Patri (Airbush)m21juta – 2,5juta
Kaca Patri (Kuningan)m21,7juta – 2,7 juta
Kaca Inlay5 mmm21,7juta – 2,5 juta
8 mmm21,7juta – 2,5 juta
Kaca Grafir (3D)5 mmm2550ribu – 1,5juta
8 mmm2550ribu – 1,5juta
Kaca Grafir (Sandblasting)3 mmm2550ribu – 1,5juta
5 mmm2550ribu – 1,5juta
8 mmm2550ribu – 1,5juta
Kaca Grafir (Sandblasting Kaca Cermin)

 

3 mmm2550ribu – 1,5juta
5 mmm2550ribu – 1,5juta
Kaca Grafir Airbrush (3D)5 mmm2700ribu – 1,7juta
8 mmm2700ribu – 1,7juta
 

Kaca Grafir Airbrush (Sandblasting)

3 mmm2700ribu – 1,7juta
5 mmm2700ribu – 1,7juta
8 mmm2700ribu – 1,7juta
Kaca Grafir Airbrush (Sandblasting Kaca Cermin)

 

3 mmm2700ribu – 1,7juta
5 mmm2700ribu – 1,7juta

Strategi Memilih Kaca Untuk Rumah/Bangunan Lain

Ketika memilih kaca untuk keperluan interior rumah atau untuk bangunan lain, ada beberapa strategi yang bisa digunakan supaya menemukan kaca sesuai dengan keinginan. Di antaranya, yaitu:

  • Sebelum membeli kaca, pastikan kamu sudah memahami betul jenis kaca apa saja yang ada
  • Dari jenis kaca yang dijual dipasaran, pastikan kamu juga sudah mengetahui kualitas, kegunaan, dan tentunya harga jual umumnya supaya bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia
  • Jika tidak benar-benar paham, sebaiknya konsultasikan pada yang paham atau ahlinya supaya menghindari dari “tipuan” si penjual
  • Jika memiliki budget yang cukup, sebaiknya pilih kaca dengan tingkat ketebalan yang tinggi supaya lebih awet dan kuat digunakan dalam jangka panjang.

Demikian yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini mengenai daftar harga kaca terbaru semua ukuran dan jenis. Semoga daftar di atas bisa menjadi patokan atau ancang-ancang ketika akan membeli kaca sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

4.93/5 (15)

Please rate this