Harga Pipa HDPE 1, 2, 4 Inch Terbaru Mei Rucika Surabaya DLL

Pipa HDPE – Pipa menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah bangunan atau rumah. Ya, dengan pipa maka tentunya rumah Anda bisa dialiri oleh air, seperti yang kita ketahui bahwa air adalah salah satu hal yang sangat penting untuk kehidupan manusia.

Nah, salah satu jenis pipa yang sering digunakan adalah pipa HDPE. Untuk lebih jelasnya mengenai pipa ini, maka Anda bisa simak ulasan lebih mendalam berikut ini.

Mengenal Pipa HDPE

Pipa HDPE adalah pipa yang dibuat dari bahan baku pipa bernama high density polyethylene. Bahan baku inilah yang menjadikan nama pipa ini menjadi pipa HDPE, tapi pipa ini juga sering disebut dengan sebutan pipa PE.

Selain itu, pipa ini juga merupakan saluran pipa air yang sudah berstandar food grade. Standar food grade ini tentunya didapat karena bahan pipa tidak mudah rusak, dan tentunya bahan pembuat pipa tak akan mengakibatkan pencemaran pada air.

Tak hanya itu saja, sebanarnya bahan pipa ini juga merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga. Pipa ini juga tahan terhadap suhu panas sampai 60 derajat celsius menjadi pipa ini sangat cocok untuk digunakan di Indonesia dengan suhu tropisnya.

Tak hanya memiliki berbagai kelebihan, pipa ini juga memiliki berbagai macam variasi, seperti variasi pipa yang berdasarkan pada  kebutuhan tekanannya. Nah, berikut adalah beberapa varian pipa HDPE berdasarkan kebutuhan tekanannya.

Jenis Pipa HDPE berdasarkan Kebutuhan Tekanan

Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli pipa adalah memperhatikan tingkah kekuatan pipa terhadap tekanan. Nah, pipa ini tentunya tersedia dalam berbagai berbagai kebutuhan tekanan atau istilahnya adalah Pressure Nominal (PN). Berikut ini adalah beberapa jenis pipa HDPE berdasarkan kebutuhan tekanannya.

1. Pipa HDPE PN 6,3

Pertama ada varian HDPE PN 6,3. Untuk yang jenis ini adalah jenis pipa dengan tekanan yang paling rendah. Pipa jenis ini biasanya tidak dijual dalam bentuk roll. Pipa jenis ini tersedia dalam ukuran 3 inchi sampai 24 inchi. Nah, Anda tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

2. Pipa HDPE 100 PN-8

Selanjutnya ada HDPE 100 PN-8. Nah, jika dibandingkan dengan HDPE PN-6,3, jenis yang satu ini memiliki tekanan yang lebih besar. Nah, pipa jenis ini akan sangat pas jika digunakan untuk saluran air bersih bertekanan sedang. Untuk ukuranya, pipa jenis ini tersedia dalam ukuran 2,5 inchi sampai  24 inchi.

3. Pipa HDPE PN-10

HDPE PN-10 adalah jenis pipa yang bisa menahan tekanan lebih besar lagi jika Anda bandingkan dengan HDPE 100 PN-8. Bahkan untuk yang jenis ini, dapat menahan tekanan 10 bar atau sekitar 10 kg/cm².

Nah, Pipa ini akan cocok untuk saluran air bertekanan. Untuk ukuran diameternya,  Pipa jenis ini tersedia dalam ukuran 1,5 inchi sampai 24 inchi.

4. Pipa PE-100 PN-12,5

Jika Anda membutuhkan pipa untuk saluran air dengan tekanan yang tinggi, maka Anda bisa gunakan Pipa PE-100 PN-12,5 ini. Nah, jenis pipa yang ini pun dapat menahan tekanan sampai 12 kg/cm². Pipa ini tersedia dalam bentuk rol dan bahkan untuk ukuran tertentu tersedia juga dalam bentuk batang.

5. Pipa HDPE PN-16

Terakhir ada HDPE PN-16  yang merupakan jenis pipa dengan tekanan yang paling besar. Untuk yang jenis ini, dapat Anda temukan dalam berbagai ukuran diameter, mulai dari ½ inchi sampai 24 inchi.

Jenis Pipa HDPE Berdasar Bentuk yang Ditawarkan

Pipa ini juga hadir dengan berbagai bentuk. Bentuk-bentuk pipa ini juga berdasar pada fungsinya. Ada 4 bentuk HDPE yang harus Anda ketahui. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Pipa HDPE Berbentuk Batang

Pertama aja jenis HDPE berbentuk batang. Bentuk pipa yang satu ini merupakan bentuk pipa yang paling umum dipakai. Jadi, mungkin Anda sudah tidak asing dengan HDPE jenis yang satu ini. Jenis pipa ini seringkali digunakan untuk penyalur air dan gas.

Pipa ini memiliki panjang 6 m, tapi bisa saja lebih, bergantung kebutuhan Anda. Anda bisa membelinya sampai 12 m. Di dalam proses pemasangannya dan penyambungannya, pipa batang ini, biasanya menggunakan welding Machine dan menerapkan metode butt fusion.

2. Bentuk Pipa HDPE Corrugated

Bentuk yang kedua yakni HDPE Corrugated. Pipa ini memliki bentuk unik, yakni bergelang-gelang. Bentuk bergelang-gelang ini bukan tanpa alasan atau hanya sebagai kesan estetik.

Bentuk ini didesain dengan tujuan agar pipa jenis ini lebih kuat untuk menahan tekanan bahkan pergeseran tanah. Seperti tujuannya, pipa ini, sering kali digunakan untuk keperluan bawah tanah. Seperti misalnya untuk kabel opstik, perlindungan kabel listrik, drainase dan sebagainya.

Kebutuhan-kebutuhan tersebut sangat memerluka  pipa yang kokoh, ringan dan tahan akan kerusakan. Sehingga pipa jenis ini sangat cocok.

3. Bentuk Pipa HDPE Spiral

Selanjutnya bentuk HDPE spiral. Bentuk yang satu ini sekilas memang terlihat seperti HDPE Corrugated, tapi agak sedikit berbeda. Bentuk pipa ini luarnya spiral. Dengan menggunakan bahan dari polypropylene, membuat pipa ini memiliki ketahanan yang sangat kuat.

HDPE spiral ini tersedia dalam berbagai ukuran, yakni sekitar 300 sampai 400 mm. Pipa spiral ini banyak digunakan sebagai pipa pembuangan juga cocok untuk dipasang di area yang rawan gempa.

4. Bentuk Pipa HDPE Roll

Terkahir HDPE bentuk Roll. Pipa jenis ini sering kali disebut dengan pipa coil. Pipa ini merupakan jenis pipa yang sangat mudah untuk instalasi. Memiliki diameter 1.2-4 inchi dan panjang 50 m hingga 10 m membuat pipa ini sangat mudah untuk diangkut.

Pipa Roll ini, biasanya digunakan untuk menyalurkan air bersih ke dalam rumah-rumah.

Jenis Pipa HDPE Berdasarkan Pemakaian

Pipa ini, juga memiliki tujuan pemakaiannya sendiri. Ada 3 tujuan pemakaian pipa ini. Jika Anda belum paham, berikut ini uraiannya.

1. Penyaluran Air Bersih

Tujuan yang pertama yakni, bertujuan untuk mengalirkan air bersih. Pipa ini digunakan untuk tujuan ini biasanya memiliki diameter sekitar 1-24 inchi dan berwarna hitam.

2. Pelindung Kabel

Pipa jenis ini merupakan pipa yang memiliki material yang kuat, tebal, tapi fleksibel atau lentur. Pipa yang satu ini biasanya memiliki panjang yang lebih dari 50 m.

3. Pembuatan Saluran Gas

Tujuan terakhir adalah untuk pembuatan saluran gas. Pipa jenis ini terbuat dari bahan polythylene yang tebal sehingga mampu mencegah kebocoran gas.

Demikian ulasan tentang Pipa HDPE kali ini. semoga bermanfaat!

Leave a Comment