Harga Kaca Jendela, Bening, Tempered, Patri, Grafir Per Meter

Harga Kaca Jendela – Kaca menjadi salah satu meterial penting dalam sebuah bangunan, baik itu bangunan rumah pribadi atau bangunan gedung umum, seperti kantor, mall, dan sebagainya.

Jadi, tak heran sekarang ini banyak bangunaSekarang ini kaca tak hanya sebagai pelengkap bangunan saja, tapi juga digunakan sebagai dekorasi baik untuk dekorasi interior ataupun eksterior.n modern yang menggunakan kaca yang berukuran besar. Tak hanya dijual dalam berbagai ukuran, kaca juga dijual dalam berbagai ketebalan.

Ya, bagi Anda yang memang tertarik menggunakan kaca ukuran besar untuk bagian luar rumah, maka Anda harus menggunakan kaca yang ukurannya tebal. Sebab kaca ini juga digunakan untuk melindungi penghuni rumah.

Tentunya harga kaca jendela beragam bergantung dengan jenis, ukuran, dan ketebalan kaca, biasanya merk kaca juga memengaruhi harga kaca jendela.

Baca juga: Harga kaca 8mm per lembar

Lalu berapakah harga kaca jendela di pasaran? Bagi Anda yang memang sedang memerlukan kaca jendela untuk rumah Anda, maka Anda bisa simak ulasan ini. Pada ulasan kali ini, tentunya akan membahas harga kaca jendela, dan hal lainnya yang masih berhubungan dengan kaca jendela.

Kegunaan Kaca Jendela dan Kelebihan

Nah, sebelum Anda mencari tahu harga kaca jendela, maka ada baiknya Anda ketahui dulu tentang kegunaan dari kaca. Ya, sebagai salah satu material dalam sebuah bangunan, maka kaca memiliki berbagai kegunaan. Lalu apa saja kegunaan dari kaca ini? Simak saja ulasan berikut ini, untuk mengetahui tentang kegunaan dari kaca.

1. Kaca Jendela Sebagai Jalan Cahaya

Jendela adalah salah satu ventilasi di dalam rumah. Tak hanya sebagai ventilasi atau jalan udara saja. Tapi jendela memiliki kegunaan lainnya.

Kegunaan lain dari kaca jendela adalah untuk jalan masuknya cahaya pada ruang rumah. Cahaya matahari jelas berperan penting dalam kehidupan manusia.

Jadi sudah semestinya, setiap rumah memiliki kaca untuk jalan masuknya cahaya ke rumah. Cahaya matahari juga diperlukan untuk memberikan cahaya alami pada rumah di siang hari.

2. Kaca Jendela Untuk Mempercantik Rumah

Fungsi selanjutnya dari sebuah kaca jendela adalah untuk membuat cantik rumah Anda. Rumah tanpa jendela, jelas akan terlihat tak menarik, maka dari itu jendela bisa digunakan untuk mempercantik rumah atau bangunan.

Bahkan sekarang ini, sudah ada banyak sekali kaca jendela dengan berbagai model dan dibuat cantik dengan gambar. Seperti kaca dengan gambar bunga, kaca dengan gambar hewan, dan sebagainya.

Tak ada salahnya Anda mencoba menggunakan kaca jendela dengan berbagai hiasan dan warna yang ada untuk mempercantik rumah Anda.

Sebenarnya, tak hanya kaca dengan gambar saja yang bisa Anda gunakan untuk membuat rumah makin cantik, Anda juga bisa gunakan kaca polos, baik kaca polos bening atau polos hitam untuk mempercantik rumah Anda.

Ya, Anda bisa gunakan kaca polos besar untuk membuat rumah Anda terlihat lebih modern dan lebih terkesan luas. Atau bisa juga gunakan kaca minimalis polos di kamar mandi, untuk membuat kesan rileks saat Anda mandi.

Selain itu, kaca minimalis pada kamar mandi juga bisa membuat kamar mandi Anda menjadi lebih modern meskipun ukurannya kecil.

3. Bisa Didaur Ulang

Ini adalah salah satu kelebihan kaca yang paling utama. Ya, kaca bisa didaur ulang menjadi sebuah kaca yang baru lagi. Karena hal tersebut lah kaca menjadi material yang ramah lingkungan. Tapi meskipun begitu, proses daur ulang kaca jelas tak mudah. Jadi, tetap gunakan kaca seperlunya saja.

Itu dia beberapa kegunaan dan kelebihan dari kaca. Lantas adakah kekurangan dari material kaca?? Berikut adalah ulasannya.

Kekurangan Kaca

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, tapi tentunya kaca memiliki beberapa kekurangan. Nah, berikut ini adalah beberapa kekurangan kaca yang perlu juga Anda ketahui.

1. Mudah Pecah

Meskipun kaca adalah benda yang kuat dan padat, tapi kaca adalah benda yang mudah pecah. Ya, kaca bisa pecah dengan mudah, apalagi jika terkena benda tajam atau benda yang bergerak cepat ke arah kaca.

Karena hal tersebutlah, Anda harus hati-hati dalam menggunakan kaca terutama kaca yang digunakan untuk material dalam sebuah bangunan.

Memang ada baiknya, Anda gunakan kaca anti pecah untuk digunakan sebagai jendela. Kaca anti pecah, akan sangat sulit untuk dipecahkan, jadi bisa melindungi Anda secara maksimal.

Nah, jika kaca jendela di rumah Anda pecah, maka Anda harus hati-hati dalam membersihkan serpihan kaca yang berceceran, dan jangan lupa juga ganti kaca dengan yang baru.

2. Mengurangi Privasi

Sudah diketahui banyak orang, jika kaca memiliki sifat yang transparan. Karena sifatnya itulah, kaca bisa membuat privasi Anda tak terlindungi.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda tidak terlalu banyak memasang kaca di rumah atau bangunan. Sebab, dengan kaca yang transparan maka siapa saja bisa melihat kegiatan Anda. Tapi hal ini bisa diatasi dengan menggunakan gorden kaca, namun ada baiknya tetap gunakan kaca seperlunya saja.

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan kaca. Untuk itu ada baiknya gunakan kaca sebagai material rumah seperlunya saja.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa kaca memiliki berbagai jenis. Tak ada salahnya juga Anda ketahui jenis kaca terlebih dahulu, agar Anda bisa menggunakan kaca yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis Kaca Jendela

Mungkin sekilas, semua kaca terlihat sama. Tapi perlu Anda ketahui, bahwa kaca juga dibagi beberapa jenis. Berikut adalah beberapa jenis kaca yang biasanya akan Anda temukan di pasaran.

1. Kaca Jendela Kaca Bening

Pertama ada kaca Bening. Ya, jenis kaca ini adalah jenis kaca yang sering sekali digunakan atau banyak peminatnya. Kaca ini memiliki kelebihan yang mudah dibersihkan. Hal ini dikarenakan adanya lapisan oleophobic dan hydrophobic, yang memudahkan Anda untuk merawat kaca ini.

Tak hanya itu saja, kaca jenis ini juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis kaca lainnya. Tapi tentunya harganya bergantung dengan ketebalan kaca.

Nah, ketebalan kaca ini cukup beragam, mulai dari 2 mm, 3 mm, 5 mm, 8 mm, dan 10 mm. Anda tinggal pilih saja ketebalan kaca yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Kaca Jendela Kaca Anti Pecah

Seperti yang sudah diketahui, bahwa kaca memiliki sifat yang mudah pecah. Tapi, sekarang ini sudah ada kaca anti pecah.

Ya, kaca anti pecah ini tentunya tidak akan mudah pecah seperti kaca biasa. Kaca anti pecah memiliki lapisan plastik bernama polyvinyl butyral. Lapisan inilah yang membuat kaca anti pecah memiliki ketahanan yang tinggi, sehingga tak mudah pecah.

Kaca anti pecah ini cocok digunakan untuk bangunan yang memiliki resiko kecelakaan tinggi, seperti bangun bertingkat, atau biasanya juga kaca ini digunakan untuk bangunan toko seperti toko mas.

3. Kaca Riben

Selain kaca bening, kaca riben juga  menjadi salah satu jenis kaca yang sering digunakan untuk dipasang di jendela, terutama jendela luar rumah.

Hal ini dikarenakan, kaca riben memiliki karakter warna yang gelap. Jadi, orang dari luar tidak akan mudah melihat kegiatan di dalam rumah. Tak hanya itu saja, karena warnanya yang cenderung gelap, maka kaca ini bisa meminimalisasi cahaya yang masuk ke dalam rumah.

4. Kaca Berwarna

Sekarang ini, di pasaran juga sudah banyak yang menjual kaca berwarna. Nah, kaca berwarna ini cocok digunakan untuk Anda yang ingin menghiasi rumah menjadi lebih cantik dan menarik lagi. Tentunya karena memiliki warna, maka rumah atau bangunan yang dihiasi dengan kaca berwarna ini akan terlihat lebih mencolok.

5. Kaca Inlay

Tak hanya kaca berwarna saja yang menjadi hiasan untuk rumah atau bangunan. Ada juga kaca inlay. Ya, kaca ini termasuk kaca hias yang memiliki gambar yang menarik.

Jenis kaca ini akan cocok untuk Anda yang ingin menambah nilai estetika pada rumah Anda. Kaca ini bisa diaplikasikan pada jendela rumah, atau tak jarang juga Anda temukan jenis kaca ini di dekorasi atau furniture rumah.

6. Kaca Patri

Ada juga kaca patri yang dapat menambah nilai estetika dari sebuah bangunan. Kaca patri bahkan disebut sebagai karya seni. Ya, kaca patri menang sangat indah seperti lukisan.

Bahkan kaca ini dulunya hanya digunakan pada bangunan yang penting saja, seperti Gereja, Masjid, dan bangunan penting lainnya.

Tapi sekarang ini, kaca patri juga sudah banyak digunakan untuk bangunan pribadi juga. Jika Anda tertarik menggunakan kaca ini, maka tidak ada salahnya gunakan kaca ini untuk menghiasi rumah Anda. Tapi, harga kaca ini termasuk mahal.

7. Kaca Laminasi

Ada juga jenis kaca laminasi. Jenis kaca laminasi ini memiliki kelebihan yang dapat menahan panas dan juga sinar UV matahari. Tapi kaca ini memiliki berat yang lebih dari kaca biasa. Hal ini dikarenakan adanya kandungan laminasi yang tebal, tak hanya itu saja harga kaca ini lebih mahal dibandingkan dengan kaca biasa.

8. Kaca Insulasi

Kaca ini adalah kaca yang dibuat dari dua atau tiga kaca, dan ada ruang yang tervakum di antara kaca-kaca tersebut. Pada umumnya, kaca jenis ini bisa Anda temukan di kaca jendela pesawat, atau kereta.

Tak hanya itu saja, biasanya kaca ini lebih sering digunakan pada rumah masyarakat yang bertempat tinggal di   empat musim. Ya, kaca ini tahan terhadap perubahan suhu di negara empat musim, jadi akan membuat rumah makin nyaman.

9. Kaca Tempered

Ada juga kaca Tempered. Untuk jenis yang ini tidak mudah memuai, sehingga akan sangat aman. Karena hal tersebutlah kaca ini sering digunakan pada pintu darurat, dan kaca ini tahan juga terhadap benturan.

Itulah beberapa jenis kaca yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran Indonesia. Semua jenis kaca yang sudah dijelaskan di atas, tentunya dapat Anda gunakan untuk membuat jendela di rumah Anda.

Jadi, Anda tinggal pilih saja jenis kaca yang sesuai dengan selera Anda, jika memang ingin memiliki rumah dengan nilai estetika yang lebih, maka Anda bisa gunakan kaca dekorasi hias, seperti kaca patri, inlay, atau kaca grarif. Lalu berapa harga kaca jendela di pasaran? Nah, berikut adalah daftar harga kaca jendela di pasaran.

Harga Kaca Jendela

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa kaca jendela memiliki harga yang berbeda-beda, bisa bergantung jenis, ketebalan, dan hal lainnya. Nah, berikut adalah harga rata-rata kaca jendela di pasaran yang bisa memudahkan Anda untuk memilih kaca jendela yang pas dengan buget Anda.

Daftar Harga Kaca Bening

Pertama ada daftar harga kaca bening yang dapat Anda gunakan untuk jendela rumah, atau bangunan. Berikut adalah daftar harganya.

Spesifikasi Kaca BeningUkuran atau SatuanHarga
Tebal 2 mmRp55.000
Tebal 3 mmRp90.000
Tebal 5 mmRp97.500
Tebal 8 mmRp150.000
Tebal 10 mmRp220.000

Daftar Harga Kaca Jendela Riben

Kaca jenis riben juga termasuk kaca jendela yang banyak digunakan. Untuk harga dari kaca riben ini adalah sebagai berikut ini.

Spesifikasi Kaca RibenUkuran atau SatuanHarga
Tebal 3 mmRp72.500
Tebal 5 mmRp75.000
Tebal 8 mmRp135.000
Tebal 10 mmRp230.000

Daftar Harga Kaca Tempered

Selanjutnya ada daftar harga kaca jendela jenis Tempered. Sama dengan jenis kaca lainnya, kaca ini juga memiliki berbagai ketebalan. Untuk lebih jelasnya mengenai harga kaca ini, maka Anda dapat simak daftar harganya berikut ini.

Spesifikasi Kaca TemperedUkuran atau SatuanHarga
Kaca clear tempered 5 mmRp210.000
Kaca clear tempered 6 mmRp260.500
Kaca clear tempered 8 mmRp385.000
Kaca clear tempered 10 mmRp410.000
Kaca clear tempered 12 mmRp460.000
Kaca clear tempered 15 mmRp1.970.000
Kaca clear tempered 19 mmRp2.470.000

Daftar Harga Kaca Jendela Patri

Selanjutnya ada daftar harga dari kaca patri. Nah, sebagai kaca dekorasi yang dapat memperindah rumah atau bangunan, maka harga kaca satu ini cukup mahal untuk ketebalan 3 mm.  Berikut adalah daftar harganya.

Spesifikasi Kaca PatriUkuran atau SatuanHarga
Kaca Patri 3 mmRp860.000 – Rp2.000.000
Kaca Patri 3 mm (Airbrush)Rp1.000.000 – Rp2.500.000
Kaca Patri 3 mm (Kuningan)Rp1.700.000 – Rp2.700.000

Daftar Harga Kaca Inlay

Jika memang harga kaca patri terlalu mahal, maka Anda bisa gunakan kaca Inlay. Kaca ini juga tak kalah cantik dari kaca patri. Untuk daftar harganya adalah sebagai berikut ini.

Spesifikasi Kaca InlayUkuran atau SatuanHarga
Kaca Inlay 5 mmRp1.700.000 – Rp2.500.000
Kaca Inlay 8 mmRp1.700.000 – Rp2.500.000
Kaca Inlay 5 mm (3D)Rp560.000 – Rp1.500.000

Daftar Harga Kaca Grafir

Selain patri dan inlay, ada juga kaca Grafir. Ya, kaca Grafir juga termasuk ke dalam jenis kaca dekorasi yang dapat membuat rumah makin cantik. Berikut adalah harga kaca Grafir.

Spesifikasi Kaca GrafirUkuran dan SatuanHarga
Kaca Grafir 5 mm (3D)Rp560.000 – Rp1.500.000
Kaca Grafir  8 mm (3D)Rp560.000-Rp1.500.000
Kaca Grafir Airbrush  5 mm (3D)Rp710.000 – Rp1.700.000
Kaca Grafir Airbrush 8 mm (3D)Rp710.000 – Rp1.700.000
Kaca Grafir  3 mm (Standblasting)Rp560.000 – Rp1.500.000
Kaca Grafir  5 mm (Standblasting)Rp560.000 – Rp1.500.000
Kaca Grafir  8 mm (Standblasting)Rp560.000 – Rp1.500.000
Kaca Grafir Airbrush 3 mm (Sandblasting)Rp710.000 – Rp1.700.000
Kaca Grafir Airbrush 5 mm (Sandblasting)Rp710.000 – Rp1.700.000
Kaca Grafir Airbrush 8 mm (Sandblasting)Rp710.000 – Rp1.700.000
Kaca Grafir 3 mm (Sandblasting Kaca Cermin)Rp560.000 – Rp1.500.000
Kaca Grafir 5 mm (Sandblasting Kaca Cermin)Rp560.000 – Rp1.500.000
Kaca Grafir Airbrush 3 mm (Sandblasting Kaca Cermin)Rp710.000 – Rp1.700.000
Kaca Grafir Airbrush 5 mm (Sandblasting Kaca Cermin)Rp710.000 – Rp1.700.000

 

Leave a Comment