Merk dan Table Harga Besi Beton Polos, Unlir, Ls SNI

Di dalam sebuah konstruksi, terdapat banyak material keras ataupun lunak. Komposisi ini merupakan komposisi yang memang selalu ada di setiap konstruksi bangunan. Salah satu material keras yang fungsinya cukup krusial adalah besi beton. Besi beton merupakan salah satu bahan konstruksi yang wajib ada di sebuah konstruksi bangunan. Material konstruksi yang satu ini pemanfaatannya luas juga banyak, seperti digunakan sebagai pilihan produk material untuk pembangunan rumah, jembatan, pun bangunan gedung tinggi. Beton besi atau sering juga disebut dengan besi tulang beton. Dari sebutannya saja sudah terbayang kan bagaimana pentingnya material konstruksi yang satu ini.

Beton besi memiliki beberapa ukuran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan konstruksi kamu.

Harga besi beton ini terbilang lumayan mahal. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati dan pintar-pintar dalam memilih besi beton yang benar-benar tepat. Jika tidak, kamu sendiri nantinya yang akan rugi.

Mahalnya harga ini juga mengingat fungsinya yang sangat penting, yakni untuk menjaga struktur bangunan dari macam-macam guncangan agar tidak mudah retak dan runtuh.

Untuk itu, agar kamu tidak salah pilih besi beton dan bisa sebagai bahan pertimbangan kamu, berikut ini akan disampaikan mengenai informasi harga besi beton. Kamu bisa simak baik-baik di bawah ini.

Merk Table Harga Besi Beton

Harga besi beton tergolong cukup mahal. Tapi, di dalam sebuah konstruksi bangunan, besi beton ini harus ada, karena besi beton ini diibaratkan sebagai tulangnya bangunan.

Di mana, kita tentu tahu, tulang itu sebagai penopang agar bangunan yang dibuat bisa kokoh, tahan retak, dan tentunya tahan lama.

Harga besi beton ini bergantung pada merk besi, jenis dan juga ukurannya. Berikut ini akan diberikan list harga besi beton dari beberapa merk besi beton yang beredar di pasaran.

Jika kamu sedang mencari besi beton, kamu bisa simak list harga berikut agar bisa kamu gunakan sebagai acuan harga.

Table Harga Besi Beton Merk TJ

Jenis Besi BetonUkuranHargaKeterangan
Besi Beton 8 TJ SNI7,5 mmRp 42.500Non-Ulir
Besi Beton 10 TJ SNI9,5 mmRp 64.000Non-Ulir
Besi Beton 12 TJ SNI11,5 mmRp 85.000Non-Ulir
Besi Beton 16 TJ SNI15,5 mmRp 157.000Non-Ulir
Besi Beton 10 TJ SNI9,5 mmRp 65.000Ulir
Besi Beton 13 TJ SNI12,5 mmRp 105.000Ulir
Besi Beton 16 TJ SNI15,5 mmRp 160.000Ulir
Besi Beton 19 TJ SNI18,5 mmRp 235.000Ulir

Nah itu dia beberapa daftar harga besi beton dari merk TJ. Harga tersebut bukanlah harta mutlak. Harga besi beton merk TJ ini bisa berubah-ubah setiap waktu bergantung kebijakan PT dan juga kebijakan toko.

Jika kamu ingin harga pastinya, kamu bisa setiap saat memantau web milik TJ atau langsung ke toko bangunan untuk bertanya. Semoga membantu!

Table Harga Besi Beton Merk IBD

Selanjutnya adalah harga Besi Beton Merk IBD. Berikut list harganya.

Jenis Besi BetonUkuranHargaKeterangan
Besi Beton 8 IBD SNI7,8 mmRp 46.000Non-Ulir
Besi Beton 10 IBD SNI9,8 mmRp 65.000Non-Ulir
Besi Beton 12 IBD SNI11,8 mmRp 97.000Non-Ulir
Besi Beton 13 IBD12,8 mmRp 113.500Ulir
Besi Beton 16 IBD15, 8 mmRp 166.800Ulir
Besi Beton 19 IBD18, 8 mmRp 221.900Ulir

Itu dia harga besi beton IBD ulir ataupun polos. Harga tersebut merupakan harga yang kami rekap dari berbagai sumber untuk patokan kamu dalam membeli besi beton.

Harga di atas juga bsa berubah-ubah setiap saat bergantung kebijakan dari produsen.

Untuk mengetahui harga pastinya, kamu bisa cek langsung ke toko bangunan, marketplace online, ataupun web resmi dari besi beton IBD ini.

Tanle Harga Besi Beton Merk SRB

Selanjutnya besi beton merk SRB. Besi beton yang merknya juga sudah sering digunakan sebagai dasaran konstruksi. Berikut ini daftar harganya.

Jenis Besi BetonUkuranHargaKeterangan
Besi Beton SRB 8 SNI7,1 mmRp 38.000Non-Ulir
Besi Beton SRB 10 SNI9,1 mmRp 70.000Non-Ulir
Besi Beton SRB 12 SNI11,2 mmRp 80.000Non-Ulir
Besi Beton SRB 13 SNI12,2 mmRp 107.000Ulir
Besi Beton SRB 16 SNI15,2 mmRp 175.000Ulir

Di atas adalah harga besi beton ulir dan non ulir yang dimiliki oleh SRB. Untuk keterangan lebih jelas mengenai harga, kamu bisa cek langsung ke toko bangunan terdekat, ke web resmi miliki SRB atau bisa juga melalui toko online.

Karena harga yang tercantum di atas bukan harga mutlak, hanya harga rata-rata yang kami ambil dari beberapa info.

Harga tersebut juga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu bergantung kebijakan produsen, suplaier, ataupun kebijakan toko. Tapi paling tidak list harga di atas bisa memberikan kamu patokan harganya.

Table Harga Besi Beton Merk SPI

Selanjutnya ada Besi Beton Merk SPI. Untuk daftar harganya sebagai berikut.

Jenis Besi BetonUkuranHargaKeterangan
Besi Beton 8 SPI BjKU7 mmRp 36.000Baja Batangan Untuk Keperluan Umum
Besi Beton 10 SPI BjKU8,7 mmRp 56.000Baja Batangan Untuk Keperluan Umum
Besi Beton 12 SPI BjKU10,5 mmRp 76.000Baja Batangan Untuk Keperluan Umum

Itu dia list harga Besi Beton merk SPI yang bisa diuraikan. Harga besi beton SPI yang diuraikan di atas merupakan harga besi beton jenis Baja Batangan yang digunakan untuk keperluan umum atau BjKU.

Harga di atas bisa berubah-ubah setiap waktu bergantung kebijakan produsen juga toko, jadi harga di atas sifatnya tidak mutlak. Jika kamu ingin melihat harga pasti,  kamu bisa langsung cek saja ke web resmi milik SPI.

List harga di atas, hanya agar kamu memiliki patokan untuk budget kamu saat ingin membeli Besi Beton.

Table Harga Besi Beton Merk MSS

Selanjutnya ada merk MMS. Berikut ini beberapa list harga beri beton milik MMS.

Jenis Besi BetonUkuranHargaKeterangan
Besi Beton 8 MSS BjKU6,2 mmRp 34.000Baja Batangan Untuk Keperluan Umum
Besi Beton 10 MSS BjKU8 mmRp 46.000Baja Batangan Untuk Keperluan Umum
Besi Beton 12 MSS BjKU9,5 mmRp. 66.000Baja Batangan Untuk Keperluan Umum

Itulah beberapa list harga besi beton Merk MSS. Harga di atas merupakan harga rata-rata yang kami simpulkan dari berbagai sumber, jadi bukan harga mutlak.

Harga tersebutpun bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kebijakan dari produsen dan toko. Jika kamu ingin tahu harga pasti, kamu bisa langsung ke toko bangunan terdekat untuk menanyakan harganya.

Table Harga Besi Beton Merk TARIK

Yang ke enam ada besi beton merk TARIK. Berikut list Harganya.

Jenis Besi BetonUkuranHargaKeterangan
Besi Beton Tarik 43,8 mmRp 16.000Polos
Besi Beton Tarik 44 mmRp 17.000Polos
Besi Beton Tarik 54,2 mmRp 18.000Polos
Besi Beton Tarik 65,2 mmRp 23.000Polos
Besi Beton Tarik 65,6 mmRp 27.000Polos
Besi Beton Tarik 65,8 mmRp 29.000Polos

Di atas merupakan harga yang kami bisa infokan ke kamu, agar kamu bisa memperkirakan budget kamu untuk membeli besi beton ini.

Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kebijakan toko ataupun produsen itu sendiri. Jadi, kalau kamu ingin memastikan harga yang pasti, kamu bisa langsung ke toko bangunannya ya!

Baca Juga:

Demikian beberapa list harga Besi Beton yang bisa kami kami uraikan. Jika kamu ingin membeli besi beton, list harga di atas bisa kamu jadikan acuan untuk memperkirakan budget kamu.

Jenis-Jenis Beton

Perlu kamu ketahui, bahwasannya beton itu ada dua jenisnya. Buat kamu yang belum tahu kedua jenis besi beton tersebut kamu bisa cek uraian di bawah ini.

1. Besi Beton Polos

Pertama ada jenis besi beton polos. Besi ini sesuai nama yang diberikan yakni memiliki permukaan besi yang polos atau mulus serta licin.

Di lihat dari segi penampungannya juga, besi ini memiliki permukaan yang mulus serta berbentuk bundar. Besi beton polos ini, memiliki daya ikat yang kuat dengan cor coran beton.

Memiliki tekstur yang lentur, membuat besi beton polos ini mudah untuk di bengkokkan. Meski memiliki tekstur yang bisa dikatakan lentur dan fleksibel, besi beton polos ini memiliki ketahanan akan tekanan minimal yang berada di angka 40 Mpa.

Besi jenis ini, sangat mudah ditemukan di toko toko bangunan dan seringnya dijual eceran. Untuk harga besi beton polos ini hatganya relatif murah.

Informasi tambahan, kalau besi beton polos ini seringnya digunakan untuk mengikat beberapa batang besi beton dari jenis beton ulis dalam satu konstruksi beton.

2. Jenis Besi Beton Ulir atau Deformed Bar

Jenis yang kedua yakni beton ulir. Jika tadi beton polos memiliki permukaan yang mulus dan licin, beda halnya dengan beton ulir ini.

Beton ini memiliki permukaan yang terdapat tonjolan-tonjolan yang hampir mirip dengan sisik atau sirip.

Permukaannya yang kasar inilah yang membuat besi beton jenis ulir ini memiliki daya ikat yang lebih tinggi dibanding besi beton polos.

Penjualannya pun juga hanya dilakukan dalam jumlah yang besar oleh kontraktor ataupun distributor, tida seperti besi beton polos tadi yang bisa dibeli secara eceran.

Sifat dari besi beton Ulir ini pun kaku, sulit untuk bisa dibengkokkan sehingga di dalam proses pemasangannya cukup sulit. Besi beton ulir ini memiliki daya tahan minimal di angka 400 Mpa.

Itu dua jenis beton besi yang perlu kami ketahui. Dengan kamu paham bagaimana sifat dari kedua jenis besi tersebut, kamu jadi tahu, besi beton yang seperti apa yang kamu butuhkan untuk konstruksi kamu.

Dan kamu jadi tidak sembarangan untuk membeli jenis besi beton.

Besi beton sejatinya memang diperuntukan untuk menopang konstruksi bangunan. Di ataspun sudah dikatakan kalau besi beton ini ibarat tulang yang menopang tubuh.

Baca Juga:

Untuk itu, besi beton ini memiliki standar yang harus terpenuhi sebagai besi beton yang layak. Berikut ini akan di uraikan mengenai standar besi beton.

Standar Besi Beton SNI

Sebagai material paling penting dalam sebuah konstruksi, besi beton harus memiliki standar kelayakannya tersendiri. Hal ini dilakukan agar pada saat membangun gedung, gedung itu terjamin akan konstruksinya yang kuat dan tak mudah retak.

Kamu pun harus selektif juga memilih besi beton. Kalau bisa pilih besi beton yang telah memiliki sertifikasi Standard Nasional Indonesia atau SNI.

Pada standardnya, besi beton memiliki panjang 12 m. Di dalam sebuah pembangunan gedung rumah, atau bangunan yang lainnya, ukuran besi beton biasanya menggunakan ukuran sekitar 12, 10, 8, hingga 6.

Itu adalah ukuran standard yang telah dipatenkan. Tapi, meski sudah ada standar ukuran, masih sering sekali ditemukan ukuran besi beton yang tidak berstandard nasional atau SNI.

Untuk harga sendiri, besi beton SNI memang terhitung lebih mahal dibanding dengan besi beton yang tidak memiliki standard SNI.

Keamanannya pun, patut dipertanyakan jika besi beton tanpa SNI. Karena ini akan berpengaruh besar terhadap hasil kosntruksi bangunan milik kamu.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa besi beton yang memiliki sertifikasi SNI ini punya batas ukuran toleransi sekitar 0,1 hingga 0,5 mm.

Kalau kamu ingin hasil konstruksi kamu kuat, tahan lama, dan tidak mudah retak, ada baiknya kamu berani merogoh kocek sedikit dalam agar mendapatkan besi beton ber-SNI yang akan membuat pondasi bangunan kamu lebih kuat.

Tips Memilih Besi Beton

Nah, agar kamu tidak salah memilih besi beton untuk konstruksi bangunan kamu, di sini akan diuraikan juga beberapa tips untuk memilih besi beton untuk kamu gunakan.

Tipe besi beton memanglah tidak sedikt jadi mungkin saja kamu bingung untuk menentukan ingin menggunakan besi beton seperti apa. Untuk itu, kamu wajib banget menyimak uraian mengenai tips memilih besi beton sebagai berikut.

1. Tentukan Jenis Bangunan

Pertama, kamu harus mengamati jenis bangunan yang ingin kamu bangun. Misal bertingkat atau tidak bangunan kamu nantinya, atau hanya sebuah gedung besar.

Karena setiap bangunan memang memiliki tingkat spesifikasi yang berbeda antara bangunan yang satu dengan yang lainnya, jadi tidak bisa disama ratakan. Kamu harus cermat dalam hal ini, agar tidak salah pilih jenis besi betonnya nanti.

2. Hitung Daya Tahan Konstruksi

Selanjutnya, hal yang perlu kamu perhatikan adalah, menghitung daya tahan atau kemampuan konstruksi bangunan yang akan kamu bangun. Kamu harus memastikan struktur dari bangunan kamu, sudah lebih dari cukup untuk menampung beban berlebih.

Baca Juga:

3. Pilih Besi Beton Polos Atau Besi Beton Ulir

Pemilihan ini pertama didasarkan pada budget kamu. Kalau kamu menginginkan besi beton dengan harga terjangkau, kamu bisa ambil besi beton polos.

Tapi balik lagi ke keinginan kamu, kalau kamu menginginkan konstruksi bangunan yang kuat dan kokoh, kamu lebih baik menggunakan besi beton ulir yang sifatnya lebih kuat dibanding dengan besi beton polos.

4. Pilih Besi Beton SNI

Agar konstruksi bangunan kamu aman dan terjamin, kamu sangat disarankan untuk memilih besi beton yang telah memiliki sertifikasi SNI. Dengan besi beton ber-SNI konstruksi bangunan kamu akan terjamin karena telah memilih besi beton dengan kualitas yang disarankan.

Demikian ulasan mengenai Harga Besi Beton kali ini, semoga bermanfaat!

Leave a Comment