Keunggulan dan Harga Pipa Besi Oval, Galvanis, Ulet, Seamless, Welded

Pipa Besi – Pipa, di dalam sebuah hunian pribadi atau gedung umum, pipa merupakan material konstruksi yang sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan sehari-hari. Pipa memang berguna sekali untuk kehidupan hunian, yakni untuk mengalirkan air sebagai sumber kehidupan si penghuni.

Tapi, tahukah Anda kalau saat ini, ada pipa besi yang kegunaannya lebih dari mengalirkan air. Pipa besi atau pipa hitam, memiliki fungsi yang tidak hanya untuk mengaliri air, tapi ada beberapa fungsi lain,

seperti untuk penyangga rumah, rangka plafon, terali, tiang lampu, hingga bisa untuk pagar rumah.Banyaknya fungsi pipa ini, tentu jenis-jenisnya berbeda. Ukuran dan bentuknya pun bisa tak sama.

Bagi Anda yang mungkin sedang membangun sebuah konstruksi dan membutuhkan pipa tapi belum mengenal betul jenis-jenis pipa besi, Anda bisa simak uraiannya di bawah ini. Di sini nanti akan dijelaskan beberapa jenis pipa besi serta fungsinya.

Pipa Besi, Jenis, dan Fungsinya

Pipa besi atau pipa hitam, saat ini sudah sering kali menjadi pilihan banyak orang untuk mereka gunakan di dalam konstruksi mereka. Kenapa? Karena pipa besi ini lebih kuat dibanding pipa plastik.

Pipa besi juga tahan lama, anti rayap, dan juga tahan karat. Banyaknya yang menggunakan kan pipa besi ini dibanding pipa plastik, karena pipa besi juga tahan akan cuaca yang berubah-ubah.

Bagi Anda yang ingin menghemat budget agar tak sering mengganti pipa, Anda bisa memilih pipa besi ini sebagai pipa material yang Anda masukan ke dalam konstruksi Anda.

Pipa besi ini tentu ada jenis-jenisnya seperti pipa plastik pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diuraikan mengenai jenis-jenis pipa besi. Silakan disimak!

1. Pipa Besi Pipa Ductile

Pertama ada pipa ductile, pipa ini merupakan pipa berbentuk silinder panjang besar. Pipa ini adalah pipa besi yang biasa digunakan untuk mengalirkan air pada infrastuktur pengalir atau penyuplai air.

Pipa ini setiap saatnya selalu dilakukan uji coba hingga menghasilkan pipa yang berhasil diproduksi  dengan kualitas yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Pipa ini dipercaya memiliki karakteristik yang buat, tahan lama, dan bahkan tidak mampu berkarat.

Seiring berjalannya waktu juga berkembangnya inovasi-inovasi, kini pipa ductile ini hadir dengan ukuran yang beragam. Dulunya, pipa ductile ini hanya hadir dengan satu ukuran, tapi kini ia hadir dengan berbagai diameter.

Tidak hanya itu, sekarang pipa jenis ini, hadir dengan sambungan yang lebih tahan lama bahkan tahan akan gempa. Ketahanan ini membuat pipa ductile ini, jika terkena gempa atau tekanan, sambungan tidak patah, melainkan akan memanjang dan melengkung. Jadi, inovasi terhadap pipa ductile ini cukup maju.

2. Pipa Besi Hollow

Pipa ini merupakan pipa yang memiliki bentuk kotak sesuai namanya. Itu lah kenapa pipa ini juga sering disebut sebagai pipa kotak.

Pipa Hollow ini, adalah jenis pipa yang bisanya digunakan untuk bahan untuk membuat gerbang atau pagar rumah. Iya dulu pipa hollow sering kali digunakan untuk gerbang rumah.

Tapi, di zaman modern ini, pipa hollow juga acapkali digunakan sebagai bahan pembuatan untuk kerangka plafon atau sering juga digunakan sebagai pembuatan kanopi rumah.

Pembuatan plafon rumah, zaman dahulu sering kali menggunakan kayu atau bahkan bambu. Dibanding membuat plafon dari kedua material tersebut, kini orang-orang banyak yang memilih untuk beralih menggunakan pipa hollow ini.

Kenapa? Karena pipa hollow ini lebih kuat dan tidak mudah rapuh, sehingga akan tahan lama. Tidak hanya itu pipa hollow ini bisa melindungi hunian Anda dari kebakaran, karena pipa hollow ini merupakan pipa yang tahan akan api.

3. Pipa Besi Welded

Selanjutnya ada jenis pipa welded. Pipa ini pada awalanya hanyalah sebuah pelat besi. Pelat ini kemudian dilengkungkan dan kemudian dilas hingga menjadi sebuah pipa.

Pipa welded ini memiliki ciri khas yang menonjol dari pada jenis pipa yang lain. Yakni, pipa ini memiliki garis panjang yang mana ini merupakan garis dari sambungan las-lasan tadi.

Mungkin sambungan ini hanya terlihat jelas pada beberapa produk. Karena sebagian produk pipa welded ini sambungannya tidak terlalu kentara atau tidak terlalu terlihat.

Hal ini karena pelat besi tadi dilas dengan menggunakan suhu tinggi, sehingga sambungan tersebut tidak terlihat. Untuk menghasilkan pipa jenis ini hanya bisa dilakukan oleh perusahaan bersertifikasi.

Jadi tidak asal menyatukan pelat menjadi pipa. Konsekuensi menggunakan pipa welded yang tak bersertifikasi yakni, akan menimbulkan ledakan karena sambungan pada pipa bocor, karena kualitas pipa jelek.

4. Pipa Seamless

Pipa Seamless, agaknya jenis pipa ini tidak terlalu asing ditelinga orang awam. Jenis pipa ini merupakan pipa yang tidak memiliki sambungan apapun di bodynya.

Karena pipa seamless ini dibuat menggunakan cara melubangi sebuah silinder yang kemudian bisa menghasilkan sebuah pipa yang utuh. Jika Anda sedang membutuhkan pipa jenis ini, saat membeli dan melakukan pengecekan, Anda bisa mengecek bagian sisi dalam pipanya.

Di dalam sana, Anda akan menemui pipa yang mulus tanpa adanya bekas dari sambungan. Dengan tidak adanya sambungan di pipa jenis ini, menjadikan pipa seamless ini masuk dalam kategori pipa yang memiliki daya tahan yang tinggi. Pada umumnya penjualan dipasaran, pipa seamless ini harganya lebih mahal dibanding welded.

5. Pipa Ulet

Pipa ulet adalah salah satu dari banyaknya jenis pipa besi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Kenapa? Karena ini merupakan pipa besi cor yang memiliki komposisi campuran dari besi dan juga grafit.

Campuran inilah yang membuat pipa ulet dianggap lebih tangguh dari pada jenis pipa cor biasa. Tidak hanya itu, pipa ini juga memiliki keunggulan, yakni memiliki performa yang bahkan digadang-gadang sanggup menandingi performa dari baja.

Pipa ulet ini dibuat menggunakan teknologi sentrifugal, membuat pipa ulet ini memiliki tingkat korosi yang rendah. Ada kelebihan yang lain yakni pipa ulet ini tahan akan benturan karena di dalamnya ada lapisan mortal semen  yang nantinya bisa membuat kapasitas pengangkutan air maksimal.

6. Pipa Galvanis

Pipa yang satu ini, sering digunakan sebagai konstruksi bangunan, yakni untuk keperluan pembuatan drainase, atau digunakan untuk interior ruangan bergaya industrial.

Pipa Galvanis memiliki keunggulan yakni daya tahan tinggi terhadap yang namanya korosi. Hal ini lah yang membuat pipa galvanis ini acapkali digunakan untuk pembuatan pagar atau pegangan tangga.

7. Pipa Oval

Yang terakhir jenis pipa oval. Seperti namanya, pipa ini berbentuk oval. Pipa ini sering kali dimanfaatkan dalam industri otomotif, furniture, bahkan industri fashion.

Di lingkungan otomotif pipa ini digunakan untuk bahan membuat knalpot. Di dunia furniture pipa ini dimanfaatkan untuk membuat rangka meja dan kursi. Sedang untuk industri fashion digunakan untuk gantungan pakaian.

Demikian ulasan tentang pipa besi kali ini, semoga bermanfaat!

Leave a Comment