Rumah

Pengertian Rumah Ukuran Type 45 dan Desainnya Terbaru 2019

Rumah Ukuran Type 45
Webkuli.com

Rumah dengan ukuran yang medium yaitu type 45, apa itu rumah ukuran type 45 dan gimana sih desain-desainnya apakah layak untuk dimiliki?

Ketika memilih rumah untuk dijadikan tempat hunian, hal yang perlu dipertimbangkan pertama kali adalah luas bangunan dan luas tanah keseluruhan. Dua hal ini penting karena berkaitan dengan biaya, penataan ruangan, dan kenyamanan.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis type rumah yang didasari dari luas lahan dan bangunan. Masing-masing tipe ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Memilih type rumah yang pas harus dilihat dari kebutuhan dan juga jumlah anggota keluarga.

Pada artikel kali ini, type rumah yang akan Webkuli.com bahas secara khusus adalah type 45. Nah, bagi yang ingin tau pengertian rumah ukuran type 45, apa saja kelebihan dan kekurangannya, serta tips untuk membuat desain rumah type 45, ikuti terus artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Rumah Type 45

Selama ini kita sering mendengar rumah type 21, 36, 45, dan seterusnya. Tapi mungkin ada beberapa yang masih belum paham sebenarnya apa pengertian dari masing-masing angka tersebut. Type rumah mengacu pada luas bangunan, hasil kali dari panjang dan lebar bangunan.

Jadi, kalau rumah ukuran type 45 artinya rumah tersebut memiliki luas lahan bangunan 45m2. Tapi jangan sampai salah kaprah mengira luas bangunan sebagai luas keseluruhan lahan. Luas bangunan berbeda dengan luas lahan, di mana biasanya lebih besar karena untuk open space.

Biasanya rumah dijual dengan menyebutkan type dan luas tanahnya. Sebagai contoh, rumah type 45/72. Artinya, rumah tersebut memiliki luas bangunan 45m2 dan luas lahan 72m2. Dengan luas lahan yang ada, biasanya digunakan untuk halaman dan garasi kendaraan.

Desain Rumah Type 45

Rumah type 45 memiliki ukuran yang pas, tidak besar dan juga tidak terlalu kecil. Untuk penataan ruangannya biasanya juga tidak terlalu sulit dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja. Untuk membuat kesan yang asri, biasanya ditambahkan ornament tumbuhan dari plastik.

Pada umumnya rumah type 45 memiliki lantai keramik dengan ukuran 60cm x 60cm warna putih menyesuaikan warna tembok yang netral. Warna perabotan lainnya juga kebanyakan warna netral karena menyesuaikan dengan warna utama.

Warna-warna lembut atau netral cocok untuk rumah type 45 dengan cuaca yang panas. Warna netral dan lembut serta lantai keramik akan memunculkan kesan sejuk. Untuk lokasi rumah dengan temperature dingin dan banyak pepohonan, bisa memilih warna-warna hangat.

Untuk memisahkan antara ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan, bianya menggunakan sekat tembok sebagian tanpa pintu atau menggunakan pintu. Untuk kesan modern, rumah type 45 saat ini juga banyak menggunakan sekat pintu kaca yang digeser.

Kelebihan Rumah Type 45

Memilih rumah type 45 sebagai hunian memiliki beberapa kelebihan. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Memiliki ukuran yang pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar
  • Lahan kosongnya cukup luas untuk bisa ditumbuhi tanaman hijau dan sejenisnya
  • Cocok untuk konsep rumah bertema minimalis dan sederhana
  • Karena ukurannya yang pas, antara ruangan satu dan lainnya masih terlihat ada jarak atau space sehingga tidak terlihat terlalu padat atau mepet
  • Biaya pembangunannya tidak begitu mahal
  • Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, perawatannya juga tidak terlalu ribet dan memakan waktu

Kekurangan Rumah Type 45

Kekurangan rumah type 45 sebenarnya tidak terlalu banyak, tergantung dari karakteristik penghuninya. Secara umum, kekurangan rumah type 45 lebih kepada desain interior dan eksteriornya.

Karena lahannya sedikit lebih luas dibandingkan dua type lebih kecil (21 dan 35), mengharuskan penghuninya untuk membuat penataan yang sesuai. Nah, jika tidak memiliki kemampuan desain yang baik, maka tampilan luar rumah akan jauh dari kesan asri dan menarik.

Sedangkan untuk bagian dalam rumah atau interiornya, kekurangannya lebih kepada pengaturan furniture seperti meja, kursi, dan perabot lainnya. Jika pemilihan ukuran, warna, dan tema tidak tepat, maka rumah jadi hilang kesan elegan.

Tips Mendesain Rumah Type 45

Untuk mendesain rumah type 45, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Pilihlah ukuran furniture yang tepat. Jangan memilih furniture yang melebihi kapasitas ruangan karena akan membuat ruangan jadi terkesan penuh dan sesak. Pilih furnite dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar meninggalkan kesan lapang
  • Letakkan furniture menempel ke dinding supaya rumah tetap terkesan lapang dan tidak sesak.
  • Untuk bagian dapur, pemilihan bentuk dan ukuran meja makan juga harus memerhatikan ukuran dapur. Jika ukuran dapur tidak begitu besar, bisa menggunakan strategi meja lipat yang menempel dengan dinding. Dengan begitu sangat bisa menghemat tempat dan dapur jadi tidak terkesan penuh.
  • Jika memiliki anggota keluarga yang lebih besar, bisa pertimbangkan untuk menambah satu ruangan di atas. Hal ini bisa membuat ruangan jadi lebih lapang. Ruangan bagian atas bisa digunakan untuk ruang tidur, ruang bersantai, atau tempat barang-barang yang tidak terlalu sering digunakan sehari-hari.
  • Untuk meja, sebaiknya pilih meja dengan bentuk bulat. Hal ini karena bentuk bulat menimbulkan kesan rumah yang lapang dan lega dibandingkan meja berbentuk persegi.

Memiliki hunian yang nyaman dan indah tentu menjadi idaman setiap orang. Yang perlu diperhatikan ketika memilih type hunian adalah luas bangunan dan lahannya karena akan mempengaruhi dari sisi biaya pembangunan dan juga perawatannya.

Demikian pembahasan pada postingan kali ini mengenai pengertian rumah ukuran type 45. Sebelum memilih untuk membeli rumah dengan type 45, pastikan kamu sudah paham betul kelebihan dan kekurangannya. Selain itu, kamu juga bisa gunakan tips kami di atas ketika ingin mendesain rumah type 45 kamu.

5/5 (80)

Please rate this