Rumah

Pengertian Rumah Ukuran Type 54 dan Desainnya Terbaru 2019

Rumah Ukuran Type 54
Webkuli.com

Rumah ukuran type 54 kini menjadi rumah yang paling diminati oleh masyarakat ini karena luasnya lumayan dan harganya pun tidak terlalu mahal

Pada artikel kali ini, Webkuli.com akan membahas mengenai pengertian rumah ukuran type 54 dan komponen penting lainnya, termasuk di antaranya kelebihan, kekurangan, dan bagaimana sebaiknya membuat desain yang pas untuk rumah type 54.

Untuk memilih type hunian yang pas dengan kebutuhan calon penghuninya, pastinya pertama-tama harus mencari tahu banyak informasi seputar type hunian tersebut dari berbagai sisi, termasuk di dalamnya yaitu luas bangunan dan luas lahannya.

Luas bangunan dan lahan ini akan berpengaruh pada harga pasaran dari bangunan tersebut dan berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk perabotan dan membuat desainnya. Maka dari itu, artikel ini berusaha memberikan gambarannya secara jelas untuk dijadikan acuan nantinya.

Apa Itu Rumah Ukuran Type 54

Secara umum, type rumah mewakili dari ukuran luas dari bangunan tersebut. Seperti yang kita sering dengar, type rumah 21, 36, 45, 54, 70, dan seterusnya adalah ukuran dari luas bangunan hunian yang ditawarkan.

Dengan kata lain, rumah hunian type 54 menandakan bahwa rumah tersebut memiliki luas bangunan 54m2. Luas bangunan tersebut merupakan hasil kali dari panjang dan lebar bangunan. Di pasarannya, panjang dan lebar bangunan ini lumayan beragam.

Luas bangunan suatu rumah berbeda dengan luas lahan dari rumah tersebut. Biasanya ketika akan membeli rumah di agent perumahan, type rumah juga disertai dengan luas lahan. Contohnya rumah type 54/100, artinya luas bangunan 54m2 dan luas lahan 100m2.

Luas lahan suatu rumah, baik itu type 54 ataupun lainnya, juga lumayan beragam. Semua tergantung dari pengembang rumah tersebut. Ada yang 100m2, di bawah 100m2 atau bahkan di atasnya.

Desain Rumah Type 54

Dengan ukurannya yang lumayan besar, rumah type 54 memungkinkan untuk membuat ukuran ruangan yang sedikit lebih besar. Untuk komposisi ruangan type 54, biasanya memiliki tiga kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur.

Karena masih ada cukup space, rumah type 54 memiliki desain bersekat di mana masing-masing ruangan tidak saling terhubung satu sama lain. Jadi, rumah terkesan lebih ada privasi karena adanya sekat yang menghalangi orang dari ruangan lainnya melihat sisi ruangan lainya.

Rumah type 54 juga memiliki lahan yang cukup luas, rumah type 54 sangat cocok untuk keluarga besar dengan jumlah keluarga inti lebih dari empat. Supaya rumah tidak terkesan kosong, rumah bisa ditambahi dengan ornamen dan perabotan supaya lebih ada isinya.

Kelebihan Rumah Type 54

Rumah hunian type 54 memiliki ukuran yang cukup besar sehingga memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Ukuran lebih luas
  • Rumah terasa lebih lapang dan lega
  • Ruang gerak lebih banyak
  • Memiliki potensi untuk perluasan bangunan
  • Bisa memilih furniture yang ukurannya lebih besar
  • Memiliki halaman rumah yang lebih luas untuk bisa dijadikan lahan hijau atau kebun bunga sederhana
  • Lahan parkir yang juga luas

Kekurangan Rumah Type 54

Kekurangan dari rumah dengan type 54 adalah sebagai berikut:

  • Tidak cocok untuk konsep rumah minimalis
  • Harga beli yang lumayan mahal
  • Biaya desain yang juga mahal, terutama pengadaan perabotan dan sebagainya
  • Perawatannya lumayan melelahkan karena ukurannya yang besar
  • Adanya tuntutan untuk mendesain rumah supaya tidak terkesan kosong

Tips Mendesain Rumah Type 54

Jika dilihat dari segi ukuran, rumah type 54 memang terbilang cukup besar sehingga akan membutuhkan strategi khusus untuk desainnya. Beberapa tips yang bisa dipertimbangkan untuk mendesain rumah type 54 yaitu:

  • Sebaiknya pilih warna ruangan yang disesuaikan dengan intensitas cahaya matahari yang masuk. Jika intensitas cahaya matahari yang masih rendah, pilih warna-warna yang memunculkan kesan hangat begitu juga sebaliknya.
  • Supaya ruangan tidar terkesan kosong, bisa ditambahkan dengan perabotan atau ornamen khusus sebagai hiasan. Hindari penggunaan ornamen yang terlalu berlebihan dan memiliki warna yang tidak cocok dengan warna utama ruangan.
  • Untuk ruang tamu, bisa memilih meja dengan bentuk persegi panjang dan sofa dengan ukuran yang lebih besar untuk menyiasati ukuran ruangan yang cukup besar. Di bagian lantai bisa ditambahkan karpet dengan warna gelap untuk menyamarkan debu atau kotoran yang terbawa dari luar.
  • Untuk bagian desain eksteriornya, manfaatkan halaman yang cukup besar untuk tanaman hijau untuk membuat rumah terkesan lebih segar dan asri. Jika tidak terlalu suka konsep pohon hijau, bisa digunakan untuk rumput hijau. Warna hijau sangat bagus untuk menyegarkan mata dan meredam stress.
  • Jika memiliki pagar kecil di halaman rumah, bisa juga digunakan untuk tumbuhan menjalar, seperti sirih merah misalnya. Selain mempercantik eksterior rumah, tanamannya bisa dimanfaatkan untuk obat.

Rumah type 54 memiliki ukuran yang cukup besar, baik untuk bagian dalam maupun bagian luarnya. Rumah type ini cocok untuk keluarga besar dengan anggota keluarga lebih dari empat orang. Meskipun cukup besar, namun perlu dipikirkan juga dari desain dan biayanya.

Rumah type 54 memiliki harga beli cukup mahal, cocok untuk kalangan menengah ke atas. Selain itu, ada biaya tambahan untuk desain interior dan perabotannya. Sebelum membeli rumah type 54, pastikan untuk memerhatikan semua sisi, baik kekurangan dan kelebihannya.

Demikian pembahasan kali ini mengenai pengertian rumah ukuran type 54. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan jadi bahan acuan saat ingin membeli rumah type 54. Sebelum membeli, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan budget.

5/5 (32)

Please rate this