Semen Mortar

Semen Mortar – Mortar atau yang sering disebut juga dengan Semen Mortar adalah salah satu bahan untuk membuat kontruksi bangunan.

Mungkin bagi kamu yang awam, akan cukup kesulitan untuk membedakan semen, beton, dan mortar. Ya, kalau dilihat sekilas memang ketiganya memiliki rupa yang hampir sama dan berwarna abu-abu.

Tapi, sebenarnya ketiga jenis bahan bangunan tersebut memiliki perbedaan. Ketiganya juga digunakan pada saat yang berbeda, serta digunakan pada properti yang berbeda juga.

Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang semen mortar, maka ada baiknya kamu ketahui dulu tentang perbedaan antara Semen, Beton, dan juga Mortar.

Perbedaan Semen, Beton, dan Mortar

Sebanarnya, pada beton dan juga mortar itu sendiri terdapat komponen semen. Ya, benar sekali untuk membuat campuran beton dan mortar memang harus menggunakan semen. Untuk lebih jelasnya adalah berikut ini.

Pertama, ada semen. Semen ini adalah komponen yang digunakan untuk menahan bahan-bahan lainnya bersama-sama.

Nah, dengan semen ini kamu bisa menggunakan untuk membuat beton atau untuk membuat mortar.

Nah, jika kamu hanya mencampurkan air dan semen, maka kamu hanya akan mendapatkan adonan berupa pasta semen saja.

Bisanya adonan ini sangat halus, sehingga sering digunakan untuk tahap akhir atau untuk menghaluskan permukaan saja.

Jenis semen juga banyak, ada  Semen Portland Composite (PCC), Semen Portland Cement Type I (OPC), dan masih banyak lagi.

Lalu kedua ada beton. Untuk campuran beton ini maka kamu membutuhkan dari semen, air, agregat halus (pasir), dan agregat kasar (kerikil), serta terkadang juga ditambahkan dengan meterial lainnya, seperti bahan kimia tambahan, serat, dan juga bahan non kimia lainnya.

Nah, campuran ini jika dituangkan dalam wadah dan dibiarkan dalam waktu tertentu, maka akan mengeras seperti batuan.

Ketiga ada campuran mortar. Nah, untuk membuat mortar ini, maka kamu membutuhkan campuran semen, air, pasir.

Biasanya ada beberapa merk semen yang sudah membuat semen mortar siap pakai. Jadi, jika kamu menggunakan semen mortar maka kamu hanya tinggal campurkan air saja pada semen ini.

Nah, benar sekali memang kamu sering sekali melihat tukang bangunan yang membuat adonan mortar semen ini, dengan mencampurkan semen, pasir ayak, kapur (lime), bata merah halus (opsional), dan air.

Tapi pencampuran ini terkadang hanya berdasarkan intuisi saja, sehingga mungkin saja terjadi pembuatan adonan semen mortar tak sesuai.

Namun, dengan adanya mortar instan ini, maka tentunya akan menjadikan pembangunan bangunan bisa lebih cepat lagi, dan adonan mortar pun sudah sesuai.

Nah, sekarang setidaknya kamu sudah cukup paham mengenai semen, beton, dan juga mortar.

Bagi kamu yang tak ingin ribet saat membuat bangunan, maka kamu bisa saja menggunakan semen mortar instan yang ada di pasaran Indonesia.

Nah, sebenarnya ada beberapa jenis Semen Mortar yang dijual di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis Semen Mortar yang dijual dan  bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran.

Jenis Semen Mortar

Dengan adanya jenis Semen Mortar, maka kamu akan lebih mudah mencari Semen Mortar yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ya, setiap jenis Semen Mortar ini, tentunya memiliki fungsi dan penggunaanya masing-masing. Jadi, pastikan kamu bisa memilih jenis Semen Mortar yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Thinbed Mortar

Pertama adalah jenis Thinbed Mortar. Untuk yang jenis ini adalah jenis mortar untuk perekat bata ringan. Thinbed Mortar juga sering disebut sebagai lem perekat atau hebel.

Penggunaan Semen Mortar ini juga sangat tipis, sehingga akan hemat dalam pemakaiannya.

2. Mortar Acian Instant

Ada juga jenis Mortar Acian Instant. Jenis yang ini adalah jenis Semen Mortar yang diformulasikan secara khusus. Hal ini dikarenakan agar dapat menghasilkan permukaan dinding yang halus.

Tak hanya itu saja, Mortar Acian Instant juga memiliki sifat yang anti retak, dan memiliki warna  yang lebih cerah. Untuk jenis ini juga bisa lebih menghemat biaya, sebab tak memerlukan plamir.

3. Mortar Perekat Keramik

Agar bangunan lebih bagus, maka bisanya pemilik bangunan akan menggunakan keramik untuk lantai bangunan. Tapi tak jarang keramik bisa terlepas begitu saja.

Keramik yang lepas ini bisa dikarenakan oleh cuaca atau suhu, dan bisa juga karena material dalam proses pemasangan keramik. Agar hal tersebut tak terjadi, maka kamu bisa saja menggunakan Semen  Mortar perekat keramik.

Dengan menggunakan Semen Mortar ini maka akan memberikan hasil yang lebih memuaskan. Hal ini karena Mortar perekat keramik memiliki daya rekat yang kuat.

4. Protection Mortar

Protection Mortar adalah Semen Mortar untuk pelindung. Untuk yang jenis ini memiliki adalah jenis yang kedap air dan anti korosi. Tak hanya itu saja, tapi jenis Semen Mortar ini juga dapat meningkatkan kekuatan.

Itu dia beberapa jenis Semen Mortar. Nah, tentunya ada beberapa kelebihan atau keunggulan dari Semen Mortar ini. Berikut adalah beberapa keunggulan dari Semen Mortar.

Keunggulan Semen Mortar

Ada beberapa kelebihan atau keunggulan yang bisa kamu rasakan, jika menggunakan jenis Semen Mortar. Ini dia beberapa kelebihannya.

1. Hemat Waktu dan Biaya

Jika kamu menggunakan semen biasa, maka kamu harus melakukan pencampuran sendiri, tentunya ini akan memerlukan waktu yang lama.

Tapi jika kamu menggunakan Semen Mortar maka kamu hanya perlu memberikan air saja. Jelas ini akan menghemat waktu, dan tentunya biaya.

2. Daya Rekat yang Kuat

Dalam proses pembuatan semen instan Mortar ini, tentunya ada beberapa bahan zat adiktif lainnya yang dicampurkan. Pencampuran ini akan menghasilkan kualitas yang sesuai dengan standar, dan tentunya daya rekat akan lebih kuat.

3. Pengaplikasian dan Penyimpanan Mudah

Dengan menggunakan Semen Mortar ini, maka kamu akan lebih mudah dalam penggunaannya. Sebab kamu tak perlu mencampurkan bahan lainnya lagi.

Semen Mortar juga memiliki kemasan yang beda dengan semen biasa. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu dalam menyimpan Semen Mortar.

Itulah beberapa keuntungan jika kamu menggunakan Semen Mortar. Lalu berapa harga dari semen Mortar? Untuk mengetahuinya, kamu bisa simak ulasan selanjutnya ini.

Harga Semen Mortar

Ada beberapa merk yang menyediakan jenis Semen Mortar. Tapi yang paling banyak digunakan adalah merk Mortar Utama – Semen Perekat. Untuk harganya adalah sebagai berikut ini.

  1. MU-100 Plester Premium ukuran 40 Kg dengan harga Rp60.000,00.
  2. MU-260 Acian Profil dengan ukuran 25 kg nemiliki harga Rp190.500,00.
  3. MU-300 Pasangan Bata untuk ukuran 40 kg memiliki harga sekitar Rp50.500,00.
  4. MU-301 Pas Bata dan  Plester untuk ukuran 10 kg memiliki harga  Rp21.000,00.
  5. MU-301 Pas Bata dan Plester dengan ukuran 40 kg memiliki harga Rp57.500,00.
  6. MU-380 Perekat Bata Ringan 5 kg memiliki harga Rp21.000,00.
  7. MU-380 Perekat Bata Ringan 40 kg memiliki harga Rp150.000,00.
  8. MU-400 Perekat Keramik Dinding memiliki harga Rp35.000,00.

Itulah beberapa harga semen Mortar Utama (MU) di pasaran Indonesia. Kalau dilihat memang harga semen jenis Mortar ini lebih mahal, jika dibandingkan dengan semen biasa.

 

Leave a Comment